12 April 2009

Pendekatan Pembelajaran

Banyak definisi atau pengertian tentang pendekatan belajar mengajar yang dikemukakan oleh para ahli pendidikan. Akibatnya banyak pula jenis-jenis pendekatan belajar mengajar sesuai dengan tujuan dan keahlian para ahli tersebut. Untuk lebih memahami pengertian pendekatan dan metoda pengajaran ini akan disajikan suatu ilustrasi sebagai berikut.


Seorang guru PPKN/PMP akan mengajarkan butir "Cinta Tanah Air" Guru tersebut tidak langsung mengajarkan materi Cinta Tanah Air itu sendiri kepada anak didiknya, akan tetapi diawali bercerita tentang kehebatan para pejuang/pahlawan dimasa penjajahan dan dimasa revolusi fisik dahulu. tentunya sewaktu bercerita tentang sejarah dimasa lampau itu guru tersebut menggunakan metode, antara lain ceramah diselingi dengan tanya jawab dan sebagainya. Dalam hal ini guru mengajarkan materi Cinta Tanah Air dengan menggunakan pendekatan sejarah.

Dari ilustrasi ini jelaslah bahwa pendekatan tidaklah sama dengan metode.

Namun keduanya dapat dipertukarkan, apakah menentukan metodenya terlebih dahulu, kemudian pendekatannya atau sebaliknya. Dengan demikian pendekatan lebih berperan sebagai jembatan untuk sampai ke suatu tempat/tujuan, sedangkan metode merupakan cara untuk menyampaikan/mengajarkan suatu materi.

Terlihat pula bahwa untuk dapat mengajar dengan baik/berhasil guru dituntut mampu menguasai dan memilih pendekatan yang cocok sesuai dengan mata pelajaran diajarkannya. Berikut ini akan disampaikan beberapa pendekatan yang sering dipergunakan.

1. Pendekatan Komunikatif
2. Pendekatan Kebermaknaan
3. Pendekatan deduktif
4. Pendekatan Konsep
5. Pendekatan Induktif
6. Pendekatan Pemecahan Masalah
7. Pendekatan Lingkungan
8. Pendekatan Keterampilan Proses

Nah untuk penjelasannya akan saya bahasa pada postingan berikutnya

    Choose :
  • OR
  • To comment