10 April 2020

Tutorial Membuat Ujian Online menggunakan Token dan Batasan Waktu

Selamat berjumpa lagi Bapak/Ibu Guru hebat Indonesia.

Semoga kita senantiasa menjadi manusia-manusia penggerak, memberikan kemanfaatan bagi siswa/i kita dan tentunya bagi semua orang. Tugas guru adalah memberikan pemahaman kepada siswa mengenai suatu materi agar siswa dapat memahami dan kemudian mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, selain itu kita juga sebagai guru diharuskan dapat memberikan teladan kepada siswa/i kita, peneladanan karakter yang baik sehingga diharapkan siswa/i kita membentuk dan memiliki karakter yang baik.

Bapak/Ibu Guru Hebat, biasanya setelah memberikan materi kepada siswa/i kita, diakhiri dengan pengukuran kemampuan siswa melalui evaluasi. Evaluasi ini diantaranya adalah dengan memberikan ulangan/ujian. Dalam kondisi saat ini, dimana kita diwajibkan untuk bekerja di rumah berkaitan dengan penyebaran wabah virus Corona Virus Desease (Covid-19) demi memutus rantai penyebarannya, namun tidak lantas kita tidak bisa berkativitas karena kemajuan teknologi saat ini cukup membantu kita agar bisa tetap memberikan layanan kepada siswa/i kita di rumah.

Pelaksanaan Ujian bisa dilaksanakan dengan cara pemberian Ujian Online berbasis Web, dalam kaitan ini, saya mencoba berbagi dengan Bapak/Ibu Guru Hebat, bagaimana caranya membuat soal ujian online dengan mudah dan murah.

Kita semua pasti sudah memiliki akun Google berupa email, nah ini bisa kita manfaatkan untuk membuat sendiri soal ujian online dan memberikannya kepada siswa/i kita.

Dalam Video saya dibawah ini, saya menjelaskan bagaimana caranya membuat Ujian Online sendiri menggunakan Google Form dengan memberikan batasan berupa Token dan waktu pengerjaan.



Baik Bapak/Ibu silahkan ditonton videonya dan selamat berkarya. Tetap Semangat.


    Choose :
  • OR
  • To comment