10 May 2009

KKM

Apa sih KKM ???

Untuk Bapak/Ibu Guru, mungkin tidak asing lagi dengan KKM. Guru dalam memberikan evaluasi kepada murid-muridnya dialam atau diakhir pembelajaran tentunya harus berdasarkan KKM, nah KKM lagi... KKM adalah Kriteria Ketuntasan Minimal. nah baru tau ya..

Dalam memberikan evaluasi, seorang guru tentunya harus berlandaskan pada Kriteria Ketuntasan Minimal, namun ternyata masih banyak diantara rekan guru yang enggan untuk menentukan KKM untuk murid-muridnya secara benar dan murni, masih banyak yang menentukan KKM dengan menebak atau menerka saja, ya alasannya sih sibuk, ga sempat, 'ribet', dan lain-lain (termasuk saya he he..).

Penentuan KKM secara benar ternyata akan sangat membantu guru dalam menilai dan memberikan muatan materi kepada siswa/siswinya, karena dengan menggunakan KKM yang benar, maka siswa akan dapat terkontrol atau terpetakan kemampuannya, sehingga hal ini akan menjadi pedoman dalam menentukan kebijakan berikutnya yang kaitannya dengan KBM tentunya. (Maaf kalo tulisannya ngawur, newbie bngt nih)

KKM Bahasa Indonesia SD
KKM IPA SD
KKM Matematika SD
KKM PKN SD
KKM IPS SD

    Choose :
  • OR
  • To comment