10 April 2020

Tutorial Membuat Video Pembelajaran dengan FastStone Capture

Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam Bapak/Ibu Guru Hebat Indonesia.

Jumpa lagi dengan tulisan saya, semoga tidak bosan membacanya.
Bapak/Ibu/Kakak/Adik semuanya, pada artikel ini saya akan berbagi tentang bagaimana membuat Video Pembelajaran atau Tutorial dengan memanfaatkan aplikasi rekam layar (screen recorder). Bapak/Ibu semuanya kita mengetahui bahwa saat ini siswa/i kita di sekolah lebih cenderung suka menggunakan gadget dalam hal ini Handphone daripada berada di perpustakaan dan membaca buku. Hal ini tidak dapat kita pungkiri karena pada kenyataannya seperti itu adanya. Kita sebagai guru wajib atau harus untuk dapat menemukan cara bagaimana kita dapat menyampaikan materi kepada siswa/i kita dengan cara yang mereka sukai, tentunya yang mengandung unsur audio bahkan visual. Kita dituntut lebih mengembangkan media pembelajaran yang adaptif dan bisa menyeluruh, pemanfaatan teknologi tentunya dapat menunjang jawaban tuntutan diatas. 

Ada beberapa media pembelajaran menarik dan mudah difahami oleh siswa, diantaranya adalah Video Pembelajaran, dimana Video Pembelajaran ini saat ini banyak sekali digunakan oleh beberapa Platform digital seperti Rumah Belajar, Ruang Guru dan lain-lain. 

Ternyata membuat Video Pembelajaran seperti ini tidaklah sulit, kita bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang dapat digunakan khususnya aplikasi rekam layar Laptop/HP/Komputer. Pada artikel kali ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat Video Pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Perekam Layar (Screen Recorder) untuk membuat Media Pembelajaran menarik.

Banyak sekali aplikasi baik yang gratis maupun berbayar yang dapat digunakan, diantaranya adalah :

  1. WM Capture
  2. Nvidia GeForce Experience (ShadowPlay)
  3. Bandicam Screen Recorder
  4. Icecream Screen Recorder
  5. FastStoneCapture

Nah, Bapak/Ibu sekalian pada artikel ini saya akan membahas bagaimana Menginstall dan menggunakan aplikasi FastStone Capture, yang sangat mudah digunakan dan ukuran aplikasinya yang sangat kecil.

Untuk lebih mudah difahami, silahkan Bapak/Ibu mempelajarinya dengan menonton Video dibawah ini :



Link download Aplikasi FastStone Capture




Selamat mencoba dan berkarya untuk Pendidikan Indonesia.
Salam hormat.

    Choose :
  • OR
  • To comment