11 June 2009

Skoring Akreditasi SMK

Instrumen Akreditasi SMK/MAK disusun berdasarkan delapan komponen yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Instrumen Akreditasi ini terdiri dari 185 butir pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi jawaban.

Instrumen Akreditasi SMK/MAK memuat 185 butir pernyataan, masing-masing memiliki bobot butir yang berbeda-beda tergantung dukungannya terhadap pembelajaran bermutu. Bobot butir pernyataan terendah diberikan bobot 1, dan tertinggi diberikan bobot 4.

Definisi operasional bobot butir adalah sebagai berikut:
  1. Bobot 1 adalah bobot minimal untuk mendukung fungsi komponen dalam proses pembelajaran agar dapat berlangsung.
  2. Bobot 2 adalah bobot yang mendukung fungsi komponen tersebut dalam proses pembelajaran yang layak.
  3. Bobot 3 adalah bobot yang mendukung fungsi komponen tersebut dalam proses pembelajaran yang baik.
  4. Bobot 4 adalah bobot maksimal yang mendukung fungsi komponen tersebut dalam proses pembelajaran yang sangat baik.

Laporan Visitasi SMK


Pedoman Skoring Akreditasi SMK






1 June 2009

TEKNIK PENILAIAN KELAS

Beragam teknik dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar peserta didik, baik yang berhubungan dengan proses belajar maupun hasil belajar. Teknik pengumpulan informasi tersebut pada prinsipnya adalah cara penilaian kemajuan belajar peserta didik berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai. Penilaian kompetensi dasar dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian kompetensi yang memuat satu ranah atau lebih. Berdasarkan indikator-indikator ini dapat ditentukan cara penilaian yang sesuai, apakah dengan tes tertulis, observasi, tes praktek, dan penugasan perseorangan atau kelompok. Untuk itu, ada tujuh teknik yang dapat digunakan, yaitu penilaian unjuk kerja, penilaian sikap, penilaian tertulis, penilaian proyek, penilaian produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri.

Hal-hal yang berkenaan dengan Teknik Peniaian Kelas lebih lengkap dapat di unduh dalam versi pdf pada link dibawah ini.

Model Penilaian Kelas




AKREDITASI SMK/MAK 2009

Dalam rangka menuntaskan Renstra 2005-2009 dan menyongsong Renstra 2010-2014, BAN-S/M telah dapat menyelesaikan tiga perangkat akreditasi lagi berdasarkan 8 standar nasional pendidikan yaitu: Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs dan SMK/MAK, setelah sebelumnya menyelesaikan perangkat akreditasi SMA/MA. Perangkat Akreditasi tersebut telah ditetapkan penggunaanya melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 11, 12 dan 13 Tahun 2009, tanggal 4 Maret 2009, tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs dan SMK/MAK. Kriteria dan perangkat akreditasi dimaksud merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, beberapa perangkat Akreditasi tersebut dapat diunduh di sini :

Pedoman Skoring SMK

Paparan Rakor

Jukni Akreditasi

Instrumen Akreditasi

Data Pendukung

Asesor

Sarana Prasarana

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang SI

Yayasan

RUU BHP

UU No. 9 tahun 2009

Standar Laboratorium

Tufoksi Pengawas